Pages

Kamis, 03 Oktober 2013

Faktor-faktor


Faktor-faktor yang memepengaruhi perkembangan belajar dan pembelajaran


A.Perkembangan Orang Dewasa

Para ahli yang mengikuti aliran nativisme berpendapat bawah perkembangan orang dewasa di tentukan oleh faktor-faktor yang di bawah sejak lahir.menurut aliran nativisme,perkembangan orang dewasa bergantung pada pembawaan (hereditas).tokoh utama aliran ini adalah Schpenhaeur,seorang filosop jerman.para ahli yang menganut aliran ini berkeyakinan bahwa perkembangan individu manusia di dalam orang dewasa di tentukan oleh pembawaanya sedangkan pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh apa-apa.para ahli yang mengikuti pendirian ini biasanya mempertahankan kebenaran konsepsinya dengan menunjukan berbagai kesamaan atau kemiripan antara orang dewasa dengan keturunanya .

Para ahli yang mengikuti pendirian empirisme berpendapat bahwa perkembangan orang dewasa itu semata-mata bergantung pada faktor lingkungan.tokoh utama dari aliran ini adalah John Locke.dalam hal ini para penganut empirisme menganggap setiap anak lahir seperti tabularasa,dalam keadaan kosong tidak mempunyai apa-apa,hendak menjadi apa seorang anak kelak pada saat dewasa bergantung pada pengalaman / lingkungan yang mendidiknya.aliran ini berpendapat bahwa perkembangan orang dewasa itu di pengaruhi oleh faktor keturunan dan lingkungan,aliran ini di sebut aliran konvergensi.aliran konvergensi merupakan gabungan antara empirisme dengan aliran nativisme.aliran ini menggabungkan arti penting hereditas dengan lingkungan sebagai faktor-faktor yang berpengaruh dalam perkembangan orang dewasa.aliran ini merumuskan pertama x nya oleh W.Stern.

Perkembangan orang dewasa sangat di pengaruhi oleh jenis dasar kemampuan yang telah di letakkan pada masa remaja dan lingkungan perkembangan tempat mereka berinteraksi.faktor-faktor tertentu dalam kehidupan orang dewasa yang akan mempengaruhi perkembangan orang dewasa tersebut adalah:

1.         Kekuatan fisik
2.         Kemampuan motorik
3.         Kemampuan mental
4.         Motivasi untuk berkembang
5.         Model peran



B. Kekuatan fisik

Faktor pertama yang mempengaruhi perkembangan orang dewasa adalah kekuatan fisik.kekuatan fisik yang prima dapat mengatasi atau memecahkan permasalahan-permasalahan yang timbul pada masa orang dewasa.untuk memelihara kekuatan fisik yang prima perlu dijaga kesehatan.ada 7 kebiasaan hidup sehat yang di perlu dilakukan oleh dewasa untuk memelihara kekuatan fisik,yaitu:

Sarapan pagi,makan secara teratur,makan secukupnya untuk memelihara berat badan yang normal,tidak merokok,tidak meminum-minuman yang mengandung alcohol,olahraga secukupnya,tidur secara teratur 7-8 jam.kekuatan fisik yang tidak prima menghambat orang dewasa untuk mengerjakan apa yang seharusnya dilakukan oleh orang dewasa dan dapat menggagalkan sebagian atau secara total tugas-tugas perkembangan orang dewasa.orang dewasa mempunyai hambatan fisik karena kesehatanya buruk tidak mencapai keberhasilan maksimum dalam perkerjaan atau pergaulan.sebagai akibatnya, mereka selalu prustasi.

C.Kemampuan Motorik

Faktor ke 2 yang mempengaruhi perkembangan orang dewasa adalah kemampuan motorik. Kemampuan motorik orang dewasa mencapai puncak kekuatanya antara usia 20an dan 30an. Kecepatan respon maksimal terdapat antara usia 20-25 tahun dan sesudah itu kemampuan inisedikit demi sedikit menurun. Kemampuan motorik ini mempunyai hubungan yang positif dengan kondisi fisik yang kuat dan kesehatan yang baik. Kondisi fisik yang kuat dan kesehatan yang baik memungkinkan orang dewasa melatih keterampilan-keterampilan dengan baik.

Dengan kemampuan motorik yang baik akan dengan cepat menguasai keterampilan-keterampilan dalam berolahraga dan berkaya. Hal ini memudahkan mereka untuk bergaul dan berkomunikasi baik dilingkungan masyarakat maupun lingkungan pekerjaan.

D.Kemampuan Mental
Kemampuan mental yang di perlukan untuk menyesuaikan diri pada situasi-situasi baru adalah mengingat kembali hal-hal yang dulu pernah di pelajari, penalaran analogis dan berpikir kreativ. Kemampuan mental ini mencapai puncaknya dalam usia 20an,kemudian sedikit-demi sedikit menurun.

Kemampuan mental yang dimiliki orang dewasa ini sangat penting kedudukannya dalam menyesuaikan diri terhadap tugas-tugas perkembangan, jauh melebihi pentingnya kemampuan motorik.


Kemampuan mental seperti penalaran dengan menggunakan analogi, mengigat kembali informasi yang telah dipelajari, dan berpikir secara kreatifsangat diperlukan dalam mempelajari dan menyesuaikan diri terhadap keterampilan-keterampilan dan kecakapan-kecakapan yang dituntut oleh tugas-tugas perkembangan orang dewasa. Baik pria maupun wanita memiliki kemampuan berpikir yang sama dalam usaha-usaha mereka memilih teman-teman bergaul sebagai calon istri maupun suami.

E.Motivasi untuk Berkembang

Faktor lain yang mempengaruhi orang dewasa adalah motivasi untuk berkembang. Apabila remaja telah mencapai usia dewasa secara umum mereka berkeinginan kuat untuk dianggap sebagai orang-orang dewasa yang mandiri oleh kelompok sosial mereka.

Pada masa dewasa, individu terdorong untuk memulai berkerja, memilih pasangan hidup, belajar hidup dengan tunangan, mulai membina keluarga, mengasuh anak, mengelolah rumah tangga, mengambil tanggung jawab sebagai warga Negara dan mencari kelompok sosial yang menyenangkan.

F.Modal Peran

Faktor lingkungan perkembangan orang dewasa sangat berpengaruh terhadap perkembangan orang dewasa. Orang dewasa yang berinteraksi dengan orang dewasa lain mempunyai model peran untuk diteladani karena berinteraksi dengan orang dewasa lainya mereka memperoleh motivasi untuk mencontoh prilaku sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang di anut orang dewasa.

Masa remaja sangat berpengaruh terhadap perkembangan orang dewasa.dalam masa remaja seseorang yang normal membentuk kelompok-kelompok teman sebaya. Dalam kelompok-kelompok tersebut para remaja saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Kelompok tersebut mempunyai nilai-nilai tersendiri yang di akui dan di patuhi oleh anggotanya.para anggotanya sangat takut untuk di tolak oleh kelompok dan takut memiliki nilai yang berbeda dengan nilai-nilai kelompok.

Orang dewasa yang memperpanjang pengaruh teman sebayanya pada masa remaja akan memperpanjang masa remaja mereka.mereka tidak melaksanakan tugas-tugas perkembangan masa dewasanya misalnya seseorang yang terus melanjutkan sekolahnya dan bersahabat dengan teman sebaya hanya dalam urusan-urusan pelajaran, mereka tidak akan sempat atau mungkin tidak berani untuk mencari pasangan hidup.

REFERENSI
http://vividwiertanti.blogspot.com/2012/12/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-belajar.html

0 komentar:

Posting Komentar