Faktor-faktor
yang memepengaruhi perkembangan belajar dan pembelajaran
A.Perkembangan Orang
Dewasa
Para ahli yang
mengikuti aliran nativisme berpendapat bawah perkembangan orang dewasa di
tentukan oleh faktor-faktor yang di bawah sejak lahir.menurut aliran nativisme,perkembangan
orang dewasa bergantung pada pembawaan (hereditas).tokoh utama aliran ini
adalah Schpenhaeur,seorang filosop jerman.para ahli yang menganut aliran ini
berkeyakinan bahwa perkembangan individu manusia di dalam orang dewasa di
tentukan oleh pembawaanya sedangkan pengalaman dan pendidikan tidak berpengaruh
apa-apa.para ahli yang mengikuti pendirian ini biasanya mempertahankan
kebenaran konsepsinya dengan menunjukan berbagai kesamaan atau kemiripan antara
orang dewasa dengan keturunanya .
Para ahli yang
mengikuti pendirian empirisme berpendapat bahwa perkembangan orang dewasa itu
semata-mata bergantung pada faktor lingkungan.tokoh utama dari aliran ini
adalah John Locke.dalam hal ini para penganut empirisme menganggap setiap anak
lahir seperti tabularasa,dalam keadaan kosong tidak mempunyai apa-apa,hendak
menjadi apa seorang anak kelak pada saat dewasa bergantung pada pengalaman /
lingkungan yang mendidiknya.aliran ini berpendapat bahwa perkembangan orang
dewasa itu di pengaruhi oleh faktor keturunan dan lingkungan,aliran ini di
sebut aliran konvergensi.aliran konvergensi merupakan gabungan antara empirisme
dengan aliran nativisme.aliran ini menggabungkan arti penting hereditas dengan
lingkungan sebagai faktor-faktor yang berpengaruh dalam perkembangan orang
dewasa.aliran ini merumuskan pertama x nya oleh W.Stern.
Perkembangan orang
dewasa sangat di pengaruhi oleh jenis dasar kemampuan yang telah di letakkan
pada masa remaja dan lingkungan perkembangan tempat mereka
berinteraksi.faktor-faktor tertentu dalam kehidupan orang dewasa yang akan
mempengaruhi perkembangan orang dewasa tersebut adalah:
1. Kekuatan fisik
2. Kemampuan motorik
3. Kemampuan mental
4. Motivasi untuk berkembang
5. Model peran
B.
Kekuatan fisik
Faktor pertama yang
mempengaruhi perkembangan orang dewasa adalah kekuatan fisik.kekuatan fisik
yang prima dapat mengatasi atau memecahkan permasalahan-permasalahan yang
timbul pada masa orang dewasa.untuk memelihara kekuatan fisik yang prima perlu
dijaga kesehatan.ada 7 kebiasaan hidup sehat yang di perlu dilakukan oleh
dewasa untuk memelihara kekuatan fisik,yaitu:
Sarapan pagi,makan
secara teratur,makan secukupnya untuk memelihara berat badan yang normal,tidak
merokok,tidak meminum-minuman yang mengandung alcohol,olahraga secukupnya,tidur
secara teratur 7-8 jam.kekuatan fisik yang tidak prima menghambat orang dewasa
untuk mengerjakan apa yang seharusnya dilakukan oleh orang dewasa dan dapat
menggagalkan sebagian atau secara total tugas-tugas perkembangan orang
dewasa.orang dewasa mempunyai hambatan fisik karena kesehatanya buruk tidak
mencapai keberhasilan maksimum dalam perkerjaan atau pergaulan.sebagai akibatnya,
mereka selalu prustasi.
C.Kemampuan
Motorik
Faktor ke 2 yang
mempengaruhi perkembangan orang dewasa adalah kemampuan motorik. Kemampuan
motorik orang dewasa mencapai puncak kekuatanya antara usia 20an dan 30an.
Kecepatan respon maksimal terdapat antara usia 20-25 tahun dan sesudah itu
kemampuan inisedikit demi sedikit menurun. Kemampuan motorik ini mempunyai
hubungan yang positif dengan kondisi fisik yang kuat dan kesehatan yang baik.
Kondisi fisik yang kuat dan kesehatan yang baik memungkinkan orang dewasa
melatih keterampilan-keterampilan dengan baik.
Dengan kemampuan
motorik yang baik akan dengan cepat menguasai keterampilan-keterampilan dalam
berolahraga dan berkaya. Hal ini memudahkan mereka untuk bergaul dan
berkomunikasi baik dilingkungan masyarakat maupun lingkungan pekerjaan.
D.Kemampuan
Mental
Kemampuan mental yang
di perlukan untuk menyesuaikan diri pada situasi-situasi baru adalah mengingat
kembali hal-hal yang dulu pernah di pelajari, penalaran analogis dan berpikir
kreativ. Kemampuan mental ini mencapai puncaknya dalam usia 20an,kemudian
sedikit-demi sedikit menurun.
Kemampuan mental yang
dimiliki orang dewasa ini sangat penting kedudukannya dalam menyesuaikan diri
terhadap tugas-tugas perkembangan, jauh melebihi pentingnya kemampuan motorik.
Kemampuan mental
seperti penalaran dengan menggunakan analogi, mengigat kembali informasi yang
telah dipelajari, dan berpikir secara kreatifsangat diperlukan dalam
mempelajari dan menyesuaikan diri terhadap keterampilan-keterampilan dan
kecakapan-kecakapan yang dituntut oleh tugas-tugas perkembangan orang dewasa.
Baik pria maupun wanita memiliki kemampuan berpikir yang sama dalam usaha-usaha
mereka memilih teman-teman bergaul sebagai calon istri maupun suami.
E.Motivasi
untuk Berkembang
Faktor lain yang
mempengaruhi orang dewasa adalah motivasi untuk berkembang. Apabila remaja
telah mencapai usia dewasa secara umum mereka berkeinginan kuat untuk dianggap
sebagai orang-orang dewasa yang mandiri oleh kelompok sosial mereka.
Pada masa dewasa,
individu terdorong untuk memulai berkerja, memilih pasangan hidup, belajar
hidup dengan tunangan, mulai membina keluarga, mengasuh anak, mengelolah rumah
tangga, mengambil tanggung jawab sebagai warga Negara dan mencari kelompok
sosial yang menyenangkan.
F.Modal
Peran
Faktor lingkungan
perkembangan orang dewasa sangat berpengaruh terhadap perkembangan orang
dewasa. Orang dewasa yang berinteraksi dengan orang dewasa lain mempunyai model
peran untuk diteladani karena berinteraksi dengan orang dewasa lainya mereka
memperoleh motivasi untuk mencontoh prilaku sesuai dengan ketentuan-ketentuan
yang di anut orang dewasa.
Masa remaja sangat
berpengaruh terhadap perkembangan orang dewasa.dalam masa remaja seseorang yang
normal membentuk kelompok-kelompok teman sebaya. Dalam kelompok-kelompok
tersebut para remaja saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Kelompok
tersebut mempunyai nilai-nilai tersendiri yang di akui dan di patuhi oleh
anggotanya.para anggotanya sangat takut untuk di tolak oleh kelompok dan takut
memiliki nilai yang berbeda dengan nilai-nilai kelompok.
Orang dewasa yang
memperpanjang pengaruh teman sebayanya pada masa remaja akan memperpanjang masa
remaja mereka.mereka tidak melaksanakan tugas-tugas perkembangan masa dewasanya
misalnya seseorang yang terus melanjutkan sekolahnya dan bersahabat dengan
teman sebaya hanya dalam urusan-urusan pelajaran, mereka tidak akan sempat atau
mungkin tidak berani untuk mencari pasangan hidup.
REFERENSI
http://vividwiertanti.blogspot.com/2012/12/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-belajar.html
0 komentar:
Posting Komentar