Pages

Kamis, 03 Oktober 2013

RESUME Teori belajar dan pembelajaran


RESUME

Pengertian pembelajaran menurut UUD 1945 No 20
Proses interaksi penddik dan peserta didik dan sumber belajar dalam satu lingkungan belajar.

Unsur-unsur pembelajaran

Ø  Interaksi
Ø  Peserta didik
Ø  Pendidik
Ø  Sumber
Ø  Lingkungan 

Prinsip-prinsip belajar

  1. Belajar merupakan bagian dari perkembangan. 
  2. Belajar berlangsung seumur hidup.
  3. Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh factor bawaan, lingkungan, kematangan, serta udaha dari setiap individu sendiri.
  4. Belajar mencakup semua aspek kehidupan
  5. Kegiatan belajar berlangsug pada setiap tempat dan waktu
  6. Belajar berlangsung dengan guru atau tanpa guru
  7. Dalam belajar dibutuhkan motivasi
  8. Perbuatan belajar bervariasi dari mulai yang sederhana sampai yang kompleks\
  9. Dalam belajar terjadi adanya hambatan-hambatan 
  10. Kegiatan belajar diperlukan bantuan atau bimbingan dari orang lain
.

Nativisme adalah pandangan bahwa keterampilan-keterampilan atau kemampuan-kemampuan tertentu bersifat alamiah atau sudah tertanam dalam otak sejak lahir. Pandangan ini berlawanan dengan empirisme, teori tabula rasa, yang menyatakan bahwa otak hanya mempunyai sedikit kemampuan bawaan dan hampir segala sesuatu dipelajari melalui interaksi dengan lingkungan.
Tokoh aliran ini diantaranya Immanuel Kant.

Empirisme adalah suatu aliran dalam filsafat yang menyatakan bahwa semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia. Empirisme menolak anggapan bahwa manusia telah membawa fitrah pengetahuan dalam dirinya ketika dilahirkan. Empirisme lahir di Inggris dengan tiga eksponennya adalah David Hume, George Berkeley dan John Locke.


EMPAT PILAR BELAJAR

1.      Belajar mengetahui ( learning to know) > pengetahuan
2.      Belajar berkarya ( learning to do) > siap kerja
3.      Belajar hidup bersama ( learning to live together) > hidup bersama dalam masyarakat
4.      Belajar berkembang utuh ( learning to be) > memiliki kepribadian yang utuh

THE MANY ROLES OF A TEACHER 

Ø  The teacher as an instructional expert
Ø  The teacher as Motivator
Ø  The teacher as Manager
Ø  The teacher as Leader
Ø  The teacher as counselor
Ø  The teacher as environmental engineer

Five varieties of learning (Gagne & Brigss)

Learning capability                                                                                                     Performance
1.      Verbal information                                         stating information
2.      Attitudes                                                         choosing to behave in particular ways
3.      Intellectual skills                                             using concepts and rules to solve problems                                                                          responding to classes of stimuli as distinct                                                                          from recalling specific example
4.      Motor skills                                                     executing bodily movements smoothly and                                                                          in proper sequence
5.      Cognitive Strategy                                          originating vovel solutions to problrms                                                                          utilizing various meand for controlling one’s                                                                         thingking or learning provcessis

0 komentar:

Posting Komentar