RESUME
Pengertian
pembelajaran menurut UUD 1945 No 20
Proses interaksi penddik dan peserta didik dan
sumber belajar dalam satu lingkungan belajar.
Unsur-unsur
pembelajaran
Ø Interaksi
Ø Peserta
didik
Ø Pendidik
Ø Sumber
Ø Lingkungan
Prinsip-prinsip
belajar
- Belajar merupakan bagian dari perkembangan.
- Belajar berlangsung seumur hidup.
- Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh factor bawaan, lingkungan, kematangan, serta udaha dari setiap individu sendiri.
- Belajar mencakup semua aspek kehidupan
- Kegiatan belajar berlangsug pada setiap tempat dan waktu
- Belajar berlangsung dengan guru atau tanpa guru
- Dalam belajar dibutuhkan motivasi
- Perbuatan belajar bervariasi dari mulai yang sederhana sampai yang kompleks\
- Dalam belajar terjadi adanya hambatan-hambatan
- Kegiatan belajar diperlukan bantuan atau bimbingan dari orang lain
.
Nativisme adalah pandangan bahwa
keterampilan-keterampilan atau kemampuan-kemampuan tertentu bersifat alamiah
atau sudah tertanam dalam otak sejak lahir. Pandangan ini berlawanan dengan
empirisme, teori tabula rasa, yang menyatakan bahwa otak hanya mempunyai
sedikit kemampuan bawaan dan hampir segala sesuatu dipelajari melalui interaksi
dengan lingkungan.
Tokoh aliran ini diantaranya Immanuel Kant.
Empirisme adalah suatu aliran dalam filsafat yang
menyatakan bahwa semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia. Empirisme
menolak anggapan bahwa manusia telah membawa fitrah pengetahuan dalam dirinya
ketika dilahirkan. Empirisme lahir di Inggris dengan tiga eksponennya adalah David Hume, George Berkeley dan John
Locke.
EMPAT
PILAR BELAJAR
1. Belajar
mengetahui ( learning to know) >
pengetahuan
2. Belajar
berkarya ( learning to do) > siap
kerja
3. Belajar
hidup bersama ( learning to live together)
> hidup bersama dalam masyarakat
4. Belajar
berkembang utuh ( learning to be)
> memiliki kepribadian yang utuh
THE
MANY ROLES OF A TEACHER
Ø The
teacher as an instructional expert
Ø The
teacher as Motivator
Ø The
teacher as Manager
Ø The
teacher as Leader
Ø The
teacher as counselor
Ø The
teacher as environmental engineer
Five
varieties of learning (Gagne & Brigss)
Learning capability Performance
1. Verbal
information stating
information
2. Attitudes
choosing
to behave in particular ways
3. Intellectual
skills using concepts and rules to solve
problems responding
to classes of stimuli as distinct from
recalling specific example
4. Motor
skills executing
bodily movements smoothly and in
proper sequence
5. Cognitive
Strategy originating
vovel solutions to problrms utilizing
various meand for controlling one’s thingking or learning
provcessis
0 komentar:
Posting Komentar