Pages

Sabtu, 28 September 2013

Teori Belajar dan Pembelajaran


Mengajar dan Pembelajaran

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan mengajar dan pembelajaran , kita perlu tau terlebih dahulu apa itu belajar? Berikut adalah definisi menurut para ahli.

1.      Skinner  
( Belajar dan pembelajaran ) Hubungan antara stimulus dan respons yang tercipta melalui proses tingkah laku.
2.      Gagne (The Conditions of Learning 1977)
Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
3.      Moh. Surya (1981:32)
Suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.

Berbicara tentang belajar yang masih ada kaitannya dengan mengajar dan pembelajaran adalah perubahan atau proses yang terjadi pada setiap individu dalam segala hal dari hasil pengalaman. Belajar tidak hanya dilakukan dalam lingkungan sekolah tapi bisa dimanapun dan tidak hanya pada waktu bersekolah saja karena setiap hari kita akan terus belajar dan memahami apa arti dari kehidupan ini untuk menjadi lebih baik. 

Mengajar dan Pembelajaran 

Istilah pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran terjadi bersama-sama. Belajar dapat terjadi tanpa guru atau tanpa kegiatan mengajar dan pembelajaran formal lain. 

Sedangkan mengajar meliputi segala hal yang guru lakukan di dalam kelas Duffy dan Roehler (1989) mengatakan apa yang dilakukan guru agar proses belajar mengajar berjalan lancar, bermoral dan membuat siswa merasa nyaman merupakan bagian dari aktivitas mengajar, juga secara khusus mencoba dan berusaha untuk mengimplementasikan kurikulum dalam kelas.

Sementara itu pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum. Jadi pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan yaitu tercapainya tujuan kurikulum.

Jadi setelah kita memahami dan membaca uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu dalam segala hal baik pengetahuan dll, dan proses belajar tersebut kita dapatkan melalui pengalaman yang kita dapatkan selama ini. Mengajar suatu kegiatan yang dilakukan pengajar (guru) beda dengan belajar yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun sementara mengajar itu adalah proses yang dilakukan pendidik terhadap peserta didiknya di lembaga formal (sekolah). Sedangkan pembelajaran adalah suatu usaha yang melibatkan pengetahuan guru untuk tujuan kurikulum.


Referensi
http://akhiajun.wordpress.com/2010/04/01/apa-itu-belajarapa-hakekat-belajar/

0 komentar:

Posting Komentar